Home » » Cara cepat blok / seleksi teks di MS Word

Cara cepat blok / seleksi teks di MS Word

Di program MS Word, seleksi teks atau blok teks mutlak sekali diperlukan. Setiap kali melakukan perintah untuk merubah font, memperbesar dan memperkecil font, memberi warna teks, membuat teks menjadi tebal, miring atau bergaris bawah, dan masih banyak lagi perintah-perintah yang lain, maka teks yang akan diubah tersebut harus di blok atau diseleksi terlebih dahulu. Teks, atau kalimat yang diblok atau diseleksi akan berwarna biru seperti ditunjukkan gambar dibawah ini.



Cara umum yang sering dipakai oleh user untuk memblok atau menyeleksi teks adalah dengan menggunakan mouse. Yaitu dengan cara klik kiri pada teks kemudian di drag kearah yang dikehendaki. Selain dengan klik dan drag, anda bisa melakukannya dengan klik ganda pada kata atau teks, maka kata tersebut akan terseleksi atau diblok. Jika anda melakukan klik tiga kali atau triple klik pada kata atau teks maka satu paragraph akan diblok atau terseleksi.

Cara yang lain adalah dengan menggunakan keyboard. Gunakan tombol shift, tekan dan tahan kemudian tekan tombol navigasi ( tanda panah) ke kanan, kiri, atas atau ke bawah untuk memblok karakter (huruf), kata kalimat, dan paragraph. Gunakan kombinasi tombol Shift + Ctrl + Tombol navigasi (tanda panah). Jika tombol anak panah kesamping kiri atau kanan yang digunakan maka teks yang diblok adalah per kata. Jika tanda panah keatas dan ke bawah yang dipergunakan maka teks yang diblok adalah per paragraph. Anda juga dapat menggunakan kombinasi Shift + Home untuk memblok atau menyeleksi teks sampai pada awal kata atau kalimat dan kombinasi Shift + End untuk menyeleksi sampai akhir kata atau kalimat. Gunakan kombinasi tombol Ctrl + A untuk menyeleksi atau blok seluruh teks.

Anda bisa juga melakukan kombinasi antara mouse dan keyboard dengan cara arahkan pointer pada tempat yang dikehendaki, kemudian tekan dan tahan tombol shift lalu klik pada akhir atau awal kalimat yang hendak diseleksi.

Artikel Terkait:


comment 0 comments:

Post a Comment

Tulis saran terbaik anda mengenai topik ini...!!!

[- - - TERIMAKASIH - - -]

Delete this element to display blogger navbar

 
© indra-av | Design by Indra-av Update-AV Free Software, and Free Tutorial
Powered by Blogger