Dalam MS Excel ketika kita mengetik sesuatu yang panjang didalam sel maka tulisan tersebut akan terus menembus ke sel sebelahnya. Padahal kita menginginkan mengetik tulisan dalam satu sel menjadi beberapa baris. Bagaimana caranya ? …..
Hal seperti ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari, bahwa kita dimintai data dalam tabel yang datanya harus diketik didalam satu sel. Sedangkan data dalam sel tersebut merupakan data yang kalau ditulis melebihi panjang kolom yang tersedia. Jika demikian halnya maka tulisan tersebut harus menjadi beberapa baris di dalam satu sel. Untuk membuat tulisan menjadi dua baris atau lebih dalam satu sel, di excel terdapat satu fungsi yang bernama wrap text. Wrap text ini berfungsi untuk mengatur beberapa baris tulisan didalam satu sel. Untuk menjalankan wrap text ini berikut caranya :
Hal seperti ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari, bahwa kita dimintai data dalam tabel yang datanya harus diketik didalam satu sel. Sedangkan data dalam sel tersebut merupakan data yang kalau ditulis melebihi panjang kolom yang tersedia. Jika demikian halnya maka tulisan tersebut harus menjadi beberapa baris di dalam satu sel. Untuk membuat tulisan menjadi dua baris atau lebih dalam satu sel, di excel terdapat satu fungsi yang bernama wrap text. Wrap text ini berfungsi untuk mengatur beberapa baris tulisan didalam satu sel. Untuk menjalankan wrap text ini berikut caranya :
- Buka MS Excel 2007 anda.
- Pilih salah satu atau beberapa sel yang tulisannya ingin diatur menjadi beberapa baris.
- Klik tombol wrap text yang berada pada Ribbon Home, group menu Alignment, seperti pada gambar dibawah ini.
- Atau setelah dipilih beberapa sel, tekan Ctrl+1 untuk membuka jendela Format Cell
- Pada jendela format cell yang muncul, pilih tab Alignment
- Beri tanda centang pada Wrap text di text control
- Klik OK
Maka ketika anda mengetik di sel tersebut maka tulisan akan menjadi beberapa baris. Bisa juga anda mengetik terlebih dahulu baru kemudian diatur menjadi wrap text. Dibawah ini adalah gambar sebelum menggunakan fungsi wrap text dan sesudah menggunakan fungsi wrap text.



Artikel Terkait:
EXCEL 2007
- CD Tutorial Excel 2007
- Mengunci dan menyembunyikan rumus di MS Excel
- Cara merubah kolom menjadi baris pada MS excel
- Mudah membuat kalender di MS word dan MS Excel 2010
- Cara nonaktifkan Recent document di Word dan excel
- Cara mudah convert satuan di excel
- Cara mudah menambah kolom dan baris di excel
- Cara mudah menambah kolom dan baris di excel
- Tutorial Lengkap Microsoft Excel 2007 Bagi Pemula dan Menengah ke Atas
Post a Comment
Tulis saran terbaik anda mengenai topik ini...!!!
[- - - TERIMAKASIH - - -]